Saturday, July 26, 2014

Thaicom5
Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan thaicom5. Thaicom 5 posisinya berada pada 78.5° Bujur Timur. Sama halnya dengan Palapa D, Thaicom5 juga punya frekuensi C band dan KU band. Dan pembahasan kita kali ini hanya C band karena di frekuensi ini yang banyak channel fta nya.
Thaicom 5 banyak terdapat channel-channel yang menarik khususnya channel-channel yang menayangkan laga-laga liga sepakbola eropa ataupun olahraga lainnya, sebut saja misalnya T Sport, Modernine TV, BEC Ch 3 BBTV Ch 7, CH 8, ATV Ch 5,Hang Meas TV, True 10, RS Sport La Liga dll… dll.

Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri yang mampu memikat hati pemirsa tv Indonesia untuk berburu satelit ini guna bisa nonton pertandingan favorit. Dan menjadikan Thaicom5 sebagai sumber channel alternatif manakala siaran channel dalam negeri tidak mampu memenuhi hasrat mata pemirsa tv tanah air.
Beam
Beam atau jangkauan satelit thaicom5 dapat di lihat di bawah ini.
image
Tips-trik tracking
Pada dasarnya dalam tracking (mencari posisi) satelit hal yang terpenting yang harus kita miliki adalah sabar dan teliti. Kesabaran dan ketelitian sangat penting. Karena jika tracking sambil emosi dan buru-buru bisa jadi hasilnya cuma capek dan kepanasan.
Berikut tips sederhana tracking satelit thaicom 5 ala Abdi suhamdi’s blog.
☞ Kenali posisi thaicom5. Thaicom 5 berada pada posisi 78,5°BT, sebagai perbandingan Palapa D diposisi 113°BT. Artinya kita perlu menggeser posisi parabola 34,5° ke barat dari posisi satelit palapa. Jika di konfersi ke centimeter, thaicom5 dari palapa D lebih kurang sekitar 13cm, 17cm atau 20cm tergantung dari besarnya diameter dish parabola yang digunakan.
☞ Sebagai pedoman Input frec 3600 H 26667 atau 3765 V 5900 di satelit thaicom5 pada receiver anda. Jika belum ada satelit thaicom5 buat dulu melalui pengaturan satelit atau jika tidak ingin repot input saja frec tersebut di posisi sat palapa.
☞ Perhatikan indikator kekuatan sinyal di frec yang baru diinput tadi, lalu perlahan geser parabola anda dari posisi semula satelit palapa ke arah barat sejauh 34,5° (13 s/d 20cm) hingga berada di posisi thaicom 78,5°. Geser secara perlahan. Perhatikan indikator sinyal di layar tv, Jika sinyal sudah muncul berarti anda telah B E R H A S I L !!! :-D  selamat. Lalu lakukan blind scan/oto scan di receiver anda.

No comments:

Post a Comment