Pages

Jumat, 12 Oktober 2012

SOLUSI ATASI SINYAL LNB

Ada beberapa tips dan trik hanya khusus bagi pemula atau yang hanya ingin tahu saja, ini hanya tips-tips sederhana dan bisa dikerjakan sendiri tanpa perlu belajar serius ….
Kadang sedang asik-asik nonton TV tiba gambar putus-putus kayak dvd rusak atau bahkan gambar gelap tidak ada sinyal …
* Pertama cek apakah kabel dari LNB ke tuner yang ada di belakang receiver terpasang dengan tepat dan kuat .

* Cek konektornya apakah kabelnya tersambung benar biasanya di beberapa jenis konektor ulir pada kabel bagian serabut (-) sering putus jadi hanya tengahnya ( ) saja yang tersambung.
* Coba lihat di receiver bagian info… Adakah pengaturan yang berubah,.. Misal frekuensi transponder, polaritas, symbolrate, frekuensi LNB, diseq atau 22k
* Kalau semua pengaturan sudah benar cek kekuatan sinyal LNB di receiver ada atau tidak jika tidak ada periksa kabel-kabelnya ke arah LNB cek konektor kalau LNB tidak tertutup biasanya cepat berkarat kabelnya.
* Kalau semua baik saja coba cek kabelnya kalau bagian serabutnya sudah rapuh apa lagi basah ganti dengan kabel yang baru.
* Dengan kabel baru belum mau juga coba tes dengan LNB lain atau tes dengan receiver lain.
* Kalau dengan LNB lain ada kekuatan sinyal LNB berarti LNBnya yang rusak solusinya ganti LNBnya
* Kalau dengan receiver lain ada kekuatan sinyal LNBnya berarti receiver bermasalah

Andai kekuatan sinyal LNB ada berarti yang masalah di parabolanya…
Setel pelan-pelan untuk mendapatkan kualitas sinyal …
Kalau receivernya yang bermasalah coba di cek tegangan keluar dari tunernya (konektor di belaka receiver) untuk tegangan vertikal biasanya sekitar 13vol horizontal 18v kalau tegangan kurang atau lebih dari itu berarti ada komponen yang bermasalah bawa saja ke ahlinya …
Tips merawat LNB
* Usahakan pada konektor LNB tidak kemasukan air, bisa di tutup atau di lakban (solasi)
* Kalau LNB C Band pada bagian bawa usahakan selalu tertutup karena banyak pengalaman sering menjadi tempat lebah membuat rumah atau untuk cicak berteduh ini akan membuat sinyal timbul tenggelam…
* Usahakan kabel secukupnya saja jangan kepanjangan
* Kalau menggunakan diseq luar usahakan juga agar terhindar dari air yang membuat berkarat…

4 komentar:

  1. ma'af mas maunanya,aku punya receiver,yg satu goldsat,yang satunya lg venus juke hd ,anehnya kalo direceiver goldsat signalnya ada kalo yg di rec venus gak ada signal,yg tdk ada cuma rcti,sctv sama global,tolong bantuannya,!

    BalasHapus
  2. Mungkin dari set posisi LNB kurang pas jadi untuk yang mpeg4/HD tidak singkron,coba trek ulang.mudah''an berguna.

    BalasHapus
  3. mau nanya gan, kenapa nonton kompastv di venus juke gambar putus-putus, tapi kalau di receiver lain (getmecom hd5, skynindo, apple III) gambar lancar, apa ada upgrade software venus juke?

    BalasHapus
  4. Mungkin perlu di upgrade ato tracking kurang pas.

    BalasHapus